31 Mar 2019 16.11.09 - Aditya Y Pradhana

Asal Usul Dan Sejarah Kerajaan Sunda yang Perlu Anda Ketahui

asal usul kerajaan sunda

Ada banyak hal menarik yang perlu Anda ketahui jika membahas asal usul dan sejarah kerajaan sunda, yang berasal dari pulau jawa tepatnya pada bagian Barat. Bahkan banyak hal yang belum tentu diketahui oleh mereka yang asli suku Sunda itu sendiri. Hal ini menjadi pembahasan yang sangat menarik untuk kita ulas. Pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya khusus untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai informasi ini. Silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Sejarah Singkat Kerajaan Sunda

Anda mungkin belum mengetahui kapan kerajaan Pasundan atau Sunda berdiri. Kerajaan ini pertama kali berdiri pada tahun 932 dan mulai runtuh pada tahun 1579 Masehi. Kerajaan yang berada dibagian barat pulau Jawa ini memiliki meliputi beberapa kota besar saat ini yaitu Banten, DKI Jakarta, dan sebagain dari Jawa Tengah. Bahkan kerajaan ini juga pernah tersebar di beberapa bagian wilayah sumatera Selatan. Pada saat itu kerajaan ini di dominasi dengan keagamaan hindu dan juga agama Buddha.

Hebatnya pada abat ke-14 kerajaan ini telah cukup menyebar luas dan berhasil menjadikan Pakuan Pajajaran menjadi ibu kota. Selain itu, kerajaan ini juga berhasil memiliki dua pelabuhan besar dan utama saat itu. Letak dua pelabuhan tersebut adalah Kalapa dan juga Banten. Namun pelabuhan ini pada akhirnya berhasil diambil alih oleh kerajaan Demak yang bertepatan di tahun 1527 masehi. Pelabuhan Kalapa berhasil ditaklukan oleh Fatahillah. Sedangkan pelabuhan Banten ditaklukkan oleh Maulana Hasanudin.

Kerajaan ini masih berjaya hingga akhirnya berhasil ditaklukan oleh Maulana Yusuf yang menyerang pada tahun 1579. Hal ini terlihat dari banyaknya catatan sejarah yang ditemukan. Tidak hanya berasal dari dalam negeri bahkan catatan mengenai sejarah kerajaan Sunda ini bisa ditemukan pada catatan negara lain. Diantaranya adalah catatan dari Cina, dan catatan sejarah dari Eropa. Dari catatan-catatan inilah bukti adanya kerajaan yang masih bisa dipelajari hingga sekarang.

Asal Usul Orang Sunda

Informasi yang tidak kalah penting lainnya yang akan kita bahas adalah asal usul orang Sunda yang harus diketahui oleh orang Jawa Barat. Informasi penting pertama yang akan dibahas adalah makna dari kata Sunda itu sendiri. Jika dilihat secara harfiah kata Sunda dijelaskan memiliki makna bagus, cemerlang, putih, bersih, baik atau makna yang mengandung unsur-unsur kebaikan. Orang Sunda memiliki filosofi hidup yang hampir serupa dengan makna dari kata Sunda itu sendiri.

Hal ini mereka jadikan sebagai keutamaan hidup dengan memiliki karakter, Etos dan Watak yang kesundaan. Filosofi mereka yang paling terkenal diantaranya adalah Cageur yang berati sehat, lalu ada Bageur yang berarti baik, dan Bener yang berarti benar. Selain itu ada pula Singer yang berarti terampil serta Pinter yang berarti pintar, pandai atau cerdas. Filosofi ini sudah ada sejak zaman nenek moyang orang Sunda yaitu tepatnya di tahun 150. Filosofi ini jugalah yang membuat kerajaan di Sunda jaya pada saat itu.

Keunikan Suku Sunda

Jika membahas suku maka akan erat kaitannya dengan budaya. Orang sunda memiliki keunikan tersendiri yang menarik untuk dibahas. Orang-orang sunda tidak mengetahui bahkan tidak punya mitos-mitos mengenai penciptaan yang menjelaskan asal usul mereka. Namun, satu hal yang mereka percayai bahwa suku ini sudah menempati Jawa Barat sejak pada abad pertama Masehi. Diceritakan bahwa masyarakatnya dulu kala melakukan budaya tebas bakar di wilayah hutan-hutan untuk dijadikan sebagai perkampungan.

Dari perkampungan inilah mereka terus berkembang hingga akhirnya terbentuklah kerajaan pada saat itu. Demikianlah infromasi yang dapat kami sampaikan mengenai asal-usul dan juga sejarah kerajaan Sunda, semoga bermanfaat.