28 Jun 2019 13.59.06 - el

10 Rekomendasi Tempat Wisata yang Indah dan Menarik di Yogyakarta

Bagi anda yang ingin berlibur, Yogyakarta merupakan salah satu Kota yang menarik untuk dikunjungi, tidak akan pernah ada habisnya menghitung tempat objek wisata di Kota Gudeg ini, mulai dari wisata alam, tempat bersejarah, wisata kuliner hingga berbagai event menarik yang membuat wisatawan betah berlama – lama di Kota ini. Pasundan.id merekomendasikan 10 tempat objek wisata yang indah dan menarik di Yogyakarta untuk anda yang mempunyai waktu liburan singkat di Kota ini, Yuk kita simak tempat – tempat rekomendasi tersebut.

1. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan komplek kerajaan yang letaknya tepat ditengah Kota Yogyakarta. Keindahan Keraton Yogyakarta ini tidak terlepas dari pendirinya, yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono 1 yang merupakan arsitek dari kerjaannya ini. Kedatangan wisatawan ke Keraton Yogyakarta akan disambut dengan bangunan joglo dan pendopo yang merupakan simbol – simbol tradisi dan budaya Jawa yang sangat kental. Hingga saat ini Keraton Yogyakarta masih difungsikan sebagai tempat tinggal Sultan dan keluarganya, juga digunakan sebagai objek wisata Yogyakarta.

Lokasi : Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Keraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta

dok. en.wikipedia.org

2. Candi Borobudur

Salah satu tempat wisata bangunan purbakala yang berasal dari masa Hindu-Budha yaitu Candi Borobudur yang sudah sangat terkenal didunia, karena termasuk dalam daftar warisan dunia UNESCO. Candi Borobudur memiliki koleksi relief Budha terlengkap dan terbanyak didunia, Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca Buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra. Tak hanya sebagai tempat wisata Candi Borobudur pun masih berfungsi sebagai salah satu tempat keagamaan dan ziarah agama Budha di Indonesia.

Lokasi : Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Candi Borobudur

dok. viva.co.id

3. Candi Prambanan

Selain Candi Borobudur ada juga Candi lainnya yang terkenal dan menjadi salah satu objek wisata di Yogyakarta serta dilindungi oleh UNESCO yaitu Candi Prambanan. Prambanan memiliki nama asli Siwagrha dan dirancang menyerupai rumah Siwa. Candi ini memiliki relief yang menceritakan kisah Ramayana dan Krishyana. Banyak sekali wisatawan yang mengunjungi tempat bersejarah ini untuk menikmati keindahannya dan juga sekaligus menikmati pertunjukan Rama Shinta yang digelar di Candi Prambanan ini.

Lokasi : Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Candi Prambanan

dok. visitingjogja.com

4. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau Situs Ratu Boko ini terletak kira – kira 3 meter dari Candi Prambanan dan terletak di atas bukit dengan ketinggian 196 meter, Candi ini merupakan salah satu situs purbakala yang merupakan kompleks dari sisa bangunan istana. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah terutama saat anda ingin menikmati sunset dan sunrise. Di tempat ini juga terdapat pendopo, paseban, kolam, kaputren, sumur suci dan juga goa.

Lokasi : Jl. Raya Piyungan - Prambanan No. KM. 2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Candi Ratu Boko

dok. sisapeninggalansejarah.blogspot.com

5. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan salah satu Pantai yang terkenal di Yogyakarta, Pantai yang terkenal dengan pemandangan sunset yang romantis ini terletak kurang lebih hanya 27 meter dari pusat Kota Yogyakarta. Di Parangtritis terdapat ATV, kereta kuda & kuda yang bisa disewa untuk menyusuri pesisir pantai dari timur ke barat. Di tempat ini anda juga dapat mencoba bermain paralayang di Bukit Parangdong. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung walaupun banyak tempat wisata baru di Yogyakarta.

Lokasi : Jl. Parangtritis Km 28, Parangtritis Yogyakarta.

Pantai Parangtritis

dok. katalogwisata.com

6. Wisata Alam Kalibiru

Sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Yogyakarta, Wisata Alam Kalibiru ini menyuguhkan keindahan suasana alam di perbukitan dengan view Waduk Sermo dan Perbukitan Menoreh, yang memperlihatkan danau yang airnya berwarna biru, disini anda pun dapat menikmati pemandangan yang sangat eksotis itu sambil berswafoto.

Lokasi : Jl. Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta

Kalibiru

dok. visitingjogja.com

7. The World Landmarks Merapi Park

The World Landmarks Merapi Park merupakan surganya tempat spot foto, ditempat ini terdapat miniatur – miniatur landmark dari seluruh dunia seperti Menara Eiffel, Pagoda, Big Ben London, Kincir Angin Belanda dan masih banyak lagi. Tempat wisata yang belum lama dikembangkan ini cukup ramai dikunjungi wisatawan, karena wisatawan tidak perlu jauh – jauh jika ingin berfoto dengan background bangunan landmark terkenal di dunia ini cukup datang saja ke The World Landmarks Merapi Park Yogyakarta.

Lokasi : Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

The World Landmarks Merapi Park

dok. nativeIndonesia.com

8. Tebing Breksi

Tebing Breksi tempat wisata di Yogyakarta yang dahulunya merupakan lahan bekas pertambangan kapur ini membentuk guratan – guratan unik pada tebingnya sehingga menjadikan Tebing Breksi ini terlihat indah dan menarik. Dari atas Tebing anda dapat langsung melihat pemandangan Candi Prambanan dan tempat lainnya. Bagi anda yang ingin berwisata sambil berswafoto tempat ini patut untuk dikunjungi.

Lokasi : Unnamed Road, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tebing Breksi

dok. camerawisata.com

9. Taman Pintar

Bagi anda yang ingin berwisata bersama anak – anak Taman Pintar merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi. Taman Pintar merupakan salah satu wisata pendidikan yang memiliki muatan edukasi yang cukup lengkap, selain berekreasi wisatawan pun dapat bermain sambil belajar. Ada banyak wahana edukasi yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

Lokasi : Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Taman Yogyakarta

dok. dolanyok.com

10. Kawasan Malioboro

Tidak lengkap rasanya jika berwisata ke Yogyakarta tanpa menginjak Kawasan Maliboro. Di Kawasan Maliboro ini wisatawan akan disuguhkan berbagai macam oleh – oleh khas Yogyakarta yang menarik dan sangat kental dengan adat Jawa nya. Disepanjang kawasan ini terdapat toko – toko dan pedagang kaki lima. Selain jalan – jalan dan membeli oleh – oleh anda juga dapat duduk dan bersantai di bangku yang terdapat disepanjang jalur pedestarian, selain itu anda juga dapat mencicipi berbagai kuliner yang terdapat di Kawasan ini.

Lokasi : Jl. Malioboro, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kawasan Malioboro

dok. eljohnnews.com

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata yang indah dan menarik di Yogyakarta versi pasundan.id, selain 10 tempat tersebut masih banyak lagi tempat yang indah dan menarik di Yogyakarta yang patut anda kunjungi. Selamat berwisata.